Overheating Pada Compressor

Apa Itu Overheat?

Overheating adalah situasi dimana temperatatur kerja pada sistem compressor melebihi 100°C. Overhating ini sangat berbahaya jika tidak ditangani dengan baik. Pengecekan harus terus dilakukan, karena jika terlambat maka temperatur yang tinggi akan menurunkan kualitas oli sebagai pelumas tentu saja merusak mesin kompresor itu sendiri.

Untuk itu, perlu dilakukan penanganan secara rutin dalam hal ini. Bagi para operator kompresor, cobalah untuk selalu rutin melakukan pengecekan terhadap temperatur, karena bisa berakibat fatal bagi mesin kompresor udara itu sendiri.

Dan untuk mengantisipasi terjadinya over heating pada sebuah kompresor udara, maka ada baiknya operator harus mengetahui beberapa hal penyebabnya terlebih dahulu, antara lain:

  1. Kelebihan beban Salah satu penyebab utama kompresor udara screw menjadi panas adalah beban yang terlalu berat. Jika beban yang dihasilkan oleh kompresor melebihi kapasitasnya, maka screw pada kompresor akan bekerja lebih keras dan lebih panas dari biasanya. Hal ini akan menyebabkan gesekan antara screw dan housing semakin tinggi dan akhirnya membuat kompresor mengalami overheating.
  2. Sistem pendingin yang burukSistem pendingin pada kompresor udara screw sangat penting untuk menjaga suhu mesin agar tidak terlalu panas. Jika sistem pendingin tidak berfungsi dengan baik, maka suhu pada mesin kompresor akan meningkat dan akhirnya membuat kompresor mengalami overheating. Pastikan untuk melakukan perawatan dan pembersihan sistem pendingin secara berkala untuk memastikan kinerja optimal.
  3. Kualitas oli yang burukOli pada kompresor udara screw berfungsi sebagai pelumas pada screw dan housing. Oli yang buruk atau tidak cocok dengan jenis kompresor bisa menyebabkan overheating pada mesin kompresor. Pastikan untuk menggunakan oli yang direkomendasikan oleh pabrik dan mengganti oli secara berkala.
  4. Kerusakan pada komponenKerusakan pada komponen seperti bearing, v-belt, atau coupling bisa menyebabkan kompresor udara screw mengalami overheating. Pastikan untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan secara berkala untuk mendeteksi kerusakan pada komponen sejak dini.
  5. Lingkungan kerja yang tidak sesuaiLingkungan kerja yang terlalu panas, kotor, atau lembab juga bisa menyebabkan kompresor udara screw mengalami overheating. Pastikan untuk menjaga lingkungan kerja tetap bersih, sejuk, dan kering untuk memastikan kinerja optimal dari kompresor udara screw.

Jika kompresor udara screw mengalami overheating, segera matikan dan biarkan mesin mendingin terlebih dahulu. Kemudian, periksa penyebabnya dan lakukan perbaikan yang diperlukan. Jangan abaikan masalah ini karena bisa berdampak buruk pada kinerja dan umur pakai kompresor udara screw. Nah, untuk mengantisipiasi terjadinya penyebab tersebut kita dapat mengatasinya dengan cara, sebagai berikut;

  1. Tingkatkan Ventilasi
    Langkah pertama adalah dengan memperbaiki ventilasi internal dan sekitarnya. Pastikan lubang angin yang tersedia cukup untuk kebutuhan alat berat. Jika tidak, anda harus mengganti ventilasi. Sebelum mengganti ventilasi, pastikan anda memiliki dimensi yang tepat untuk ukuran sistem dan fungsi operasional anda.
  2. Pastikan Oli dan Filter  kompressor dalam kondisi baik
    Seperti halnya mesin atau kendaraan bermotor, level oli yang cukup sangat penting untuk kompressor bekerja dengan baik. Periksa level oli secara teratur untuk memastikan bahwa oli yang cukup tersedia untuk memenuhi tuntutan operasi anda.
  3. Monitor Ventilasi dan Saluran
    Bahkan setelah anda memodifikasi tata ruang kerja anda untuk ventilasi udara yang lebih baik dan suhu sekitarnya, periksa ventilsi dan saluran secara teratur. Jika kotoran atau debu menumpuk di sepanjang ventilasi, bersihkan sesuai kebutuhan. Pastikan saluran udara dalam kondisi baik, tidak berkerut atau tertusuk disepanjang sistem. Terkadang ventilasi dapat menjadi masalah bila tidak diperiksa secara berkala.
  4. Jaga agar bagian-bagian kompresor tetap diperbarui
    Karena kebutuhan berubah, kompresor udara yang anda beli mungkin tidak mencukupi tuntutan operasi anda yang sejalan waktu sudah berkembang. Jika operasional anda telah menuntut peningkatan jumlah daya udara disbanding saat pertama kali anda membeli mesin, perkembangkan untuk memperbarui kompresor udara anda dengan komponen yang lebih optimal.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentang bagaimana mencegah over heating pada sebuah kompresor udara, silahkan langsung berkonsultasi pada ahlinya di JM Eagle Compressor, yang merupakan salah satu distributor kompresor terbaik yang ada di Indonesia. Bagi Anda yang cari kompresor angin, Anda juga bisa menemukan juga berbagai jenis kompresor industrial, layanan Penjualan, Service/Maintanance Compressor, Rental Compressor & Spare Part segala Merk/Brand Compressor pendukung Industri.

Informasi Layanan Service / Pemesanan Compressor Screw

Admin 1 : +62815-5321-1145/WhatsApp

Admin 2 : +62 815-1545-7358/WhatsApp

Admin 3 : +62 858-5001-1344/WhatsApp

Admin 4 : +62 815-4838-1199/Whatsapp

Admin 5 : +62 857-2637-2707/WhatsApp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *